Pengertian Ilmu Negara

April 12, 2016 by admin on SMA/MA, SMK/MAK, UMUM

Pengertian Ilmu Negara

Hallo Guys kali ini mimin mau share info tentang pelajaran pendidikan kewarganegaraan nih materi tentang Negara , penasaran sama artikelnya? yuk langsung aja chekidot ke artikel dibawah ini .

 

1)      Pengertian Negara



         Pengertian Negara banyak dikemukakan oleh para ahli, di antaranya :
              a. Prof. Dr, J.H.A Logemann, menyatakan bahwa Negara adalah organisasi kekuasaan yang bertujuan                           mengatur masayrakat dengan kekuasaan itu.
              b. Roger H. Soltau, mengatakan bahwa Negara merupakan alat atau wewenang yang mengatur atau                             mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.
              c. Max Webber, mengatakan bahwa Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai hak monopoli                             dalam menggunakan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.
              d. Karl Marx, mengatakan bahwa Negara adalah suatu kekuasaan bagi manusia (penguasa) untuk                                   menindas kelas manusia yang lain.

 

2)      Ilmu Negara



          Ilmu Negara dalam bahasa belanda adalah Staatsleer, yang sebenernya berasal dari jerman Staatslehre,                 sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan Theory of State dan dalam bahasa Perancis dikenal istilah             theorie d’etat.
          Ilmu Negara adalah ilmu yang mempelajari pengertian-pengertian dan asas-asas Negara dalam arti umum               yang berlaku bagi setiap Negara. Ilmu Negara mempelajari bahan-bahan mengenai kenegaraan yang tidak             hanya ditujukan pada Negara tertentu, melainkan lebih ditujukan pada bentuk dan hakikiat pada umumnya.               Objek ilmu Negara adalah Negara dalam arti yang abstrak,umum, dan menyeluruh. Ilmu Negara mempelajari           hal-hal mengenai Negara yang lebih ditujukan pada bentuk dan hakikat Negara di dunia ini. Ilmu Negara                  lebih bersifat teoretis.


 

3)      Ilmu Tata Negara



          Ilmu Tata Negara adalah ilmu yang mempelajari Negara-negara tertentu, yaitu bagaimana pemerintahan                   suatu Negara disusun dan dijalankan mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah bawahannya. Ilmu tata                       Negara memusatkan diri pada kajian suasana kekuasaan Negara, alat-alat perlengkapan Negara beserta                 tugas dan wewenangjnya dan hubungan antar alat perlengkapan Negara di Negara tertentu.
 

4)      Sifat dan Hakekat Negara



          a. Sifat memaksa. Artinya, Negara mempunyai kekuasaan untuk  memakai kekerasan fisik secara legal. Hal                  ini ditentukan oleh Max Weber. Sebagai contoh adalah ketentuan-ketentuan membayar pajak, dimana                        setiap warga Negara  berkewajiban membayar pajak.
          b. Sifat monopoli. Yang menyangkut hajat hidup orang banyak dimonopoli oleh Negara.
          c. Sifat mencakup semua yaitu seluruh peraturan perundang –undangan dalam suatu Negara berlaku untuk               semua orang yang terlibat di dalamnya tanpa kecuali.
 

 

Gimana nih guys sudah mulai paham belum maksud dari Negara, semoga aja mengerti ya, hihihi, dan semoga bermanfaat artikel singkat diatas, oke kalau kalian butuh artikel sesuatu kalian bisa request dengan mengkomen artikel ini, kami akan mengusahakan untuk memenuhi request kalian semua, terima kasih, stay tune di artikel bse.annibuku.com/artikel yaa cool