Inilah Kunci Jawaban Agar Kamu Bisa Sukses SBMPTN

Inilah Kunci Jawaban Agar Kamu Bisa Sukses SBMPTN

            SBMPTN tinggal beberapa jam lagi dan tinggal menghitung jam saja, pasti diantara kalian ada yang tegang, gelisah, atau sudah tidak sabar menantikan hari pelaksanaan SBMPTN tiba, tapi saran saya anda harus tetap tenang dan rileks dalam menghadapi SBMPTN, berikut saya akan membagikan beberapa tips untuk anda agar bisa tetap tenang dan bisa sukses SBMPTN, yuk simak artikel ini :

 

1. TENANGKAN PIKIRAN DARI BERBAGAI RASA KECEWA DAN MENYESAL

Rasa kecewa dan menyesal sering membuat pada kalangan muda galau berkepanjangan. Mereka barangkali susah move on dari peristiwa kejadian pernah mereka alami. Sama halnya dengan masa-masa tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Bisa jadi ada yg msh kecewa akibat tidak lulus SNMPTN. Barang kali menyesal karena salah strategi memilih jurusan saat ngasi ke guru BK. Lebih parahnya lagi merasa malu karena tidak diterima sedangkan banyak teman temannya pada keterima. Wadooh hari gini masih punya rasa gituan, capcay deh. Yasudahlah, hal masalah lalu biarlah menjadi sebuah kenangan. Justru kalo punya jiwa besar harusnya itu dijadikan motivasi guna lulus SBMPTN nantinya. Ketika kalian lulus dengan cara mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah, yakin deh kalian akan bakal terharu dgn semua usaha jerih payah kalian. Aku aja udah mau nangis deh. Stop, belum masuk episode untuk nangis nangisan seperti sinetron.

Berusalah untuk slalu tenang agar mudah belajar dan mengerjakan soal SBMPTN saat tes berlangsung. Ketenangan ini merupakan hal utama agar bisa dapatin hasil optimal. Iya tentu kalo gak tenang fokus akan terganggu, pikiran kacau berdampak pada kacaunya pikiran. Tetap tenang serta jaga mood positif ya.

 

2.   Siapkan Niat yang Kuat

Niatkanlah pada diri anda bahwa anda belajar itu murni karena Alloh. Serta niatkan pada diri anda bahwa anda pasti bisa menembus Perguruan Tinggi Negeri yang anda cita-citakan
 
 
3. Siapkan Motivasi dan Mental Baja
 
Apa yang memotivasimu untuk melanjutkan kuliah di PTN?
Jawblah pertanyyan anda dalam lubuk hati yang terdalam, kalau perlu tulis di kolom komentar bawah.
Motivasi sangatlah penting untuk membakar semangat anda dalam pertarungan SBMPTN 2015.
Mental menjadi sesuatu hal yang penting dalam pelaksanaan sbmptn, oleh sebab itu diperlukan mental baja untuk bisa menghadapi soal sbmptn. Kalau anda mempunyai mental ayayay (lemah) pasti anda tidak akan tembus ke PTN yang anda cita-citakan. Ayo Bangkit dan Jangan pernah Menyerah untuk Meraih Impian yang Cerah :)

 

4. SIAPKAN STRATEGI LULUS TES SBMPTN

Setelah bisa berpikir tenang, langkah selanjutnya adalah persiapkan strategi. Seperti apa saja kah strategi mengerjakan soal SBMTPN? Untuk masalah ini terbagi menjadi dua yaitu saat belajar persiapan serta ketika tes berlangsung. Keduanya sangat penting. Hal yang pertama berfungsi sebagai tahap perencanaan sedangkan disebutkan terahir bermanfaat dalam pelaksanaan.

Strategi SBMPTN sebelum tes seperti apa aja? Strategi ini meliputi trik belajar materi secara cepat dan memilih materi penting berpeluang besar masuk dalam soal. Nah gimana tuh? Pelajarilah soal-soal SBMPTN beberapa tahun sebelumnya. Minimal 6 tahun terakhir. Sykur syukur bisa sampai sepuluh tahun terakhir lebih bagus lagi. Pelajari tiap soal, selain itu lakukan pengembangan materi masing-masing butir pertanyaan. Sebagai contoh misalnya ada soal berkaitan dengan nilai maksimum sebuah fungsi. Hal pertama wajib kalian lakukan adalah mengerjakan terlebih dahulu soal tersebut.

Pelajari bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut dgn cara paling efisien dan mudah. Setelah mengerjakannya, maka perluas  materi berkaitan soal tersebut. Nilai maksimum minimum berkaitan dengan aplikasi turunan (diferensial). Pelajari konsep lain berkaitan dengan aplikasi turunan fungsi meliputi: persamaan garis singgung titik pada suatu kurva ataupun dari titik luar, grafik fugsi naik dan turun serta nilai stasioner (termasuk stasioner point). Kuasai dengan matang semua konsep berkaitan pada soal.

Perlu kalian perhatikan juga adalah memperhatikan statistik tren soal dari tahun ke taun. Bandingkan suatu tahun dengan tahun sebelumnya dan sesudahnya juga. Nanti kalian akan bisa melihat tipe pertanyaan sering keluar dalam tes SBMPTN. Mungkin kalian menganggap materinya banyak. Pilihlah materi paling sering banget keluar. Kuasai dulu yang itu, kalo sudah mantap baru pelajari lagi materi lain. Usahakan delapan puluh persen dari keseluruhan materi di kuasai. Namun jangan perlakukan sama. Persentase tersebut saya sarankan untuk pelajaran eksak seperti fisika, matematika, fisika, kimia dan biologi. Soal SBMPTN biasanya relative lebih mudah untuk dikerjakan, optimalkan bagian TPA.

Satu lagi perlu diperhatikan, jika sudah menguasai suatu materi jangan disepelekan. Kalo ada waktu coba luangkan waktu guna mereviewnya kembali. Terus asah kemampan kalian dalam mengerjakan soal. Semakin sering diasah kemampuan sesorang maka akan makin meningkat. Ibaratkan seperti pisau.

Harus disadari bahwa soal SBMPTN jauh lebih sulit dari soal UN. Jika masih ada perasaan senang lantaran merasa sudah dewasa (udah menyelsaikan ujian nasional) coba sadarkan diri dari kegembiraan berlebihan. Lupakan sejenak euphoria semu tersebut. Ingat, waktu terus bergulir. Soal tes SBMPTN akan berhadapan dengan kalian. Jika sudah selesaikan suatu perkara maka selesaikan urusan baru dengan sebaik baiknya. Jadi penores sejarah keberhasilan dalam hidup kalian. Toh keberhasilannya akan kalian nikmati sendiri kan?

5. TENANG DAN KONSENTRASI MENJADI KUNCI UTAMA

Dalam pelaksanaan SBMPTN 2015, Tenang menjadi hal yang sangat penting untuk menstabilkan emosi anda saat mengisi soal SBMPTN 2015. Banyak kejadian orang tidak lolos SBMPTN karena terburu-buru dan panik dalam mengisi soal. Konsentrasi pada soal SBMPTN, dan Kerjakanlah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu, jangan so-soan mengerjakan soal yang sulit dahulu, karena mau itu soal gampang maupun susah bobot nilainya sama, yaitu 4.

 

6.MEMAKAI JAM TANGAN SAAT SBMPTN BERLANGSUNG

Fungsinya agar kita bisa mengatur waktu kita dalam mengisi soal SBMPTN.

 

7. LUPAKAN DAN TINGGALKAN

Sesudah anda mengerjakan soal SBMPTN janganlah anda menanyakan soal-soal yang anda tadi kerjakan kepada teman atau siapapun itu. tujuannya agar anda tidak terlalu stress atau jumawa terhadap apa yang telah dikerjakan tadi oleh anda.

Aaah tadi no. 6 Sejarah aku salah, harusnya B yang benar :( (Pasti kepikiran teruss)
Horeeee jawaban gue hampir sam semua sama jawaban SBMPTN 2015 versi NF dan GO :D (pasti merasa Jumawa karena pasti akan tembus ke PTN favorit)
Lebih baik diam tinggalkan dan lupakan, Go Move On :)
 
 
8. BERDOALAH YANG TERBAIK KEPADA TUHAN
 
Berdo'alah supaya anda diberikan jawaban yang terbaik nanti pas pengumuman SBMPTN.

  

0.0137s 0.77MB