DEFENSE MECHANISM (MEKANISME PERTAHANAN DIRI)

DEFENSE MECHANISM (MEKANISME PERTAHANAN DIRI)

Halo Guys cool

Kali ini, mimin mau share tentang Mekanisme Pertahanan Diri ! Penasaran? langsung aja kita  Chekidoott ke artikel yang satu ini  blush

 

 

  1. Represi

Represi didefinisikan sebagai upaya individu untuk menyingkirkan frustasi, tekanan, konflik batin, mimpi buruk, krisis keuangan dan sejenisnya yang menimbulkan kecemasan.

Contoh:  Individu cenderung untuk tidak berlama-lama mengenali sesuatu yang tidak menyenangkan, dibandingkan dengan hal-hal yang menyenangkan. Individu akan membuang memori tentang hal tidak menyenangkan dari otaknya.

  1. Projeksi

Proyeksi adalah suatu mekanisme pertahanan ego yang mengalihkan dorongan, sikap, atau tingkah laku yang menimbulkan kecemasan kepada orang lain.

 

Contoh: seorang murid yang tidak lulus lalu mengatakan gurunya sentimen terhadapnya.

 

  1. Reaction Formation

Individu dikatakan mengadakan pembentukan reaksi, adalah ketika dia berusaha menyembunyikan motif dan perasaan yang sesungguhnya (mungkin dengan cara represi atau supresi), dan menampilkan ekspresi wajah yang berlawanan dengan yang sebetulnya.

Contoh: seorang anak yang tertawa bersama teman-temannya, padahal ia mencoba menyembunyikan ekspresi sedih karena masalah yang ia hadapi dirumah.

  1. Fiksasi

Fiksasi adalah terhentinya perkembangan normal pada tahap perkembangan tertentu karena perkembangan lanjutannya sangat sukar sehingga menimbulkan frustasi dan kecemasan yang terlalu kuat.

Contoh: : seorang anak yang terlalu bergantung kepada pembantunya, sehingga ketika dia pergi sekolah sendirian menimbulkan kecemasan yang dapat mengganggu aktifitas belajarnya.

 

  1. Regresi

Regresi adalah keadaan dimana seseorang kembali ke tingkat yang lebih awal dan kurang matang dalam adaptasi. Bentuknya yang ekstrim adalah tingkah laku infantil (kekanak-kanakan). Keadaan seorang yang kembali ke tingkat perkembangan yang sebelumnya dan kurang matang dalam adaptasi.

 

Contoh: seorang anak yang sudah tidak mengompol, mendadak mengompol lagi karena cemas mau masuk sekolah atau mulai menghisap jempol lagi setelah memiliki adik karena masa perhatian ibunya terhadap adiknya yang baru lahir.

  1. Rasionalisasi

Rasionalisasi sering dimaksudkan sebagai usaha individu untuk mencari-cari alasan yang dapat diterima secara sosial untuk membenarkan atau menyembunyikan perilakunya yang buruk.

Contoh: seorang anak menolak bermain bulu tangkis dengan temannya karena “kurang enak badan” atau “besok ada ulangan” padahal takut kalah.

  1. Sublimasi

Proses dengan apa kehendak-kehendak tidak sadar dan tidak dapat diterima, disalurkan menjadi aktivitas yang memiliki nilai sosial yang tinggi. Dorongan atau kehendak2 yang tidak dapat disalurkan menjadi aktivitas yang memiliki nilai sosial.

Contoh: seseorang tidak suka berkelahi kemudian ia menjadi atlet tinju.

  1. Identifikasi

Suatu mekanisme dimana seseorang mempertinggi harga dirinya dengan mempolakan dirinya serupa dengan orang lain (tabiat-tabiatnya meniru orang lain). Menambah rasa harga diri dengan menyamakan harga dirinya seperti seorang atau suatu hal yang dikaguminya.

Contoh: seorang anak yang bersolek atau berdandan seperti ibunya, atau malah bersolek seperti bintang iklan.

 

 

  1. Displacement

Pengalihan merupakan bentuk pertahanan diri menghadapi anxietas adalah dengan cara memindahkannya dari objek yang mengancam kepada objek yang lebih aman hostilitasnya di rumah kepada anak-anaknya.

Contoh: seorang mahasiswa yang dimarahi dosennya karena telat mengumpulkan tugas, akan mencoba mencari bentuk pengalihan seperti bermain tinju untuk melampiaskan amarahnya, atau bermain game. Intinya dia mencari objek lain sebagai bentuk pengalihan dari rasa amarah, cemas, takut, dll. Ini juga merupakan mekanisme pertahanan diri yang sering dipakai.

 

 

Gimana nih? Setelah kalian baca-baca tentang artikel mekanisme pertahanan diri di atas? jadi banyak ilmu yang bertambahkan pastinya, oke tetep selalu stay di website ini ya, karena kita akan selalu meng-update tiap artikel-artikel nya, okee sampai jumpa!!! angel

0.0356s 0.86MB