Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan

April 17, 2016 by admin on SD/MI, Semua Jenjang Pendidikan, SMA/MA, SMK/MAK, SMP/MTs, UMUM

Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan

Hallo guys ketemu lagi nih saya mimin dengan update-an informasi seputar dunia pendidikan, yang pastinya bisa bermanfaat bagi para pelajar maupun pembaca sekalian. kali ini mimin akan membahas tentang Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan. disini sudah ada yang tahu belum apa itu jarak dan apa itu kecepatan? bagi yang sudah tahu atau sudah pernah mendegar kalian bisa mereview kembali artikel yang mimin buat kali ini, jika belum pernah kalian bisa belajar bersama-sama disini, okee langsung aja chekidot dan scroll down ke artikel Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan ini.cool
 

 

Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan


Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu bahkan sering melakukan kegiatan yang berhubungan dengan jarak, dan kecepatan tanpa kita sadari dan ketehui.

1.

Jarak

 

Jarak adalah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Dalam fisika atau dalam pengertian sehari-hari, jarak dapat berupa estimasi jarak fisik dari dua buah posisi berdasarkan kriteria tertentu (misalnya jarak tempuh antara Jakarta-Bandung). Dalam bidang matematika, jarak haruslah memenuhi kriteria tertentu.

Berbeda dengan koordinat posisi, jarak tidak mungkin bernilai negatif. Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahanmerupakan besaran vektor.

Jarak yang ditempuh oleh kendaraan (biasanya ditunjukkan dalam odometer), orang, atau objek, haruslah dibedakan dengan jarak antara titik satu dengan lainnya.

Dalam ilmu fisika, jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu objek yang bergerak, mulai dari posisi awal dan selesai pada posisi akhir. Konsep ini seringkali dipetukarkan dengan konsep perpindahan[1]. Jarak dapat dituliskan sebagai


s = \int_{\vec{r}_1}^{\vec{r}_2} \left| \vec{v}(t)\ \left[\frac{dt}{dr}\right]\ \right|  \cdot d\vec{r}

yang dapat dibaca sebagai panjang lintasan yang menghubungkan titik \vec{r}_1 dan \vec{r}_2 menggunakan kecepatan \vec{v}(t).

 

2.

Kecepatan

 

Kecepatan adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah. Besar dari vektor ini disebut dengan kelajuan dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s atau ms−1).

Kecepatan biasa digunakan untuk merujuk pada kecepatan sesaat yang didefinisikan secara matematis sebagai:

\mathbf{v} = \lim_{\Delta t \to 0}{{\mathbf{r}(t+\Delta t)-\mathbf{r}(t)} \over \Delta t}={\operatorname{d}\mathbf{r} \over \operatorname{d}t}

di mana \mathbf{v} adalah kecepatan sesaat dan \mathbf{r}(t) adalah perpindahan fungsi waktu.

Selain kecepatan sesaat, dikenal juga besaran kecepatan rata-rata \bar{\mathbf{v}} yang didefinisikan dalam rentang waktu \Delta t\, yang tidak mendekati nol.

\bar{\mathbf{v}}=\frac{\Delta\mathbf{r}}{\Delta t}

Satuan kecepatan

Beberapa satuan kecepatan lainnya adalah:


c = 299,792,458 \ m/s

Perubahan kecepatan tiap satuan waktu dikenal sebagai percepatan atau akselerasi.

Contoh berbagai kecepatan

Berikut disampaikan kecepatan dari yang paling rendah ke tercepat:

  • Kecepatan siput = 0.001 ms−1; 0.0036 km/h; 0.0023 mph.
  • Jalan cepat = 1.667 ms−1; 6 km/h; 3.75 mph.
  • Olympic sprinters (rata-rata dalam 100 meter) = 10 ms−1; 36 km/h; 22.5 mph.
  • Batas kecepatan di jalan bebas hambatan Perancis = 36.111 ms−1; 130 km/h; 80 mph.
  • Kecepatan puncak pesawat Boeing 747-8 = 290.947 ms−1; 1047.41 km/h; 650.83 mph; (officially Mach 0.85)
  • Rekor kecepatan pesawat = 980.278 ms−1; 3,529 km/h; 2,188 mph.
  • Space shuttle pada saat masuk orbit bumi = 7,777.778 ms−1; 28,000 km/h; 17,500 mph.
  • Kecepatan suara di udara (Mach 1) adalah 340 ms−1, dan 1500 ms−1 di air

Jadi bagaimana sekarang apakah anda masih bingung Belajar Satuan Jarak dan Kecepatan ini

Kalau masih bingung atau belum paham jangan khawatir silahkan kirim komentar kalian di bawah artikel ini, semoga bagi informasi ini bias membantu dan berguna bagi semuanya. Amin, jangan lupa ya untuk share artikel ini sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya yang akan datang.. keep sand by di website ini yaa hehehe.

sumber : https://id.wikipedia.org/